Rabu, 01 Februari 2017

Kegunaan Helm Safety sebagai Alat Keselamatan Kerja

Image result for Kegunaan Helm Safety sebagai Alat Keselamatan Kerja
Warna mencolok atau terang pada helm safety seperti warna kuning, putih, orange, hijau, biru, merah dan lain-lain, hadir dengan tujuan utamanya yakni berharap pekerja yang memakai helm untuk keselamatan diri ini akan lebih mudah terlihat jika ada kendaraan atau alat berat yang mau lewat sehingga tidak menabrak pekerja.

Dan ini beberapa arti dari warna helm safety yang dipakai untuk mencerminkan posisi atau jabatan orang itu.
  • Helm safety berwarna putih biasanya dipakai oleh manajer, pengawas, insinyur, mandor.
  • Helm safety berwarna biru biasanya dipakai oleh site supervisor, electrical contractor atau pengawas sesaat.
  • Helm safety berwarna kuning biasanya dipakai oleh sub contractor atau pekerja umum.
  • Helm safety berwarna hijau biasanya dipakai dan digunakan oleh pengawas lingkungan.
  • Helm safety berwarna pink biasanya juga dipakai oleh pekerja baru atau magang.
  • Helm safety berwarna orange biasanya juga digunakan oleh tamu perusahaan.
  • Helm safety berwarna merah biasanya dipakai oleh safety officer yang memiliki tanggung jawab untuk mengecek system keselamatan telah terpasang dan berperan sesuai sama standard yang telah diputuskan. 
Manfaat dan Kegunaan Helm Safety 

Sesungguhnya manfaat dan manfaat utama dari helm safety sendiri yaitu membuat perlindungan kepala si pekerja, agar dapat terlepas dari kejatuhan barang dan yang lain, dan meminimalkan cedera yang akan menimpa si pekerja tersebut. Manfaat helm safety sangat diperlukan oleh beberapa pekerja yang bekerja di daerah kerja seperti tambang minyak, pabrik, proyek pembangunan gedung dan beragam hal yang lain. Dan pemakaian helm safety di areal kerja yang penuh kemungkinan seperti itu yaitu harus karena fungdi intinya untuk pelindung diri. Karena potensi kemungkinan yang cukup besar dan datang dari atas kepala banyak sekalo terjadi di lingkungan kerja seperti itu. Hingga kehadiran alat keselamatan kerja seperti helm proyek ini sangat penting.

Untuk hal pemakaian helm safety sendiri sangat sering terjadi beragam jenis insiden kecil ataupun besar seperti bentrokan atau tertimpa benda yang jatuh. Setelah terjadi hal seperti itu biasanya helm safety akan alami sedikit rusaknya, atau tingkat kelayakannya yang menyusut untuk kembali dipakai. Baiknya sekecil apa pun rusaknya yang terdapat pada helm safety, sangat dianjurkan untuk ditukar dengan helm safety yang baru. Dan janganlah memakai helm safety yang telah terdapat cacat atau rusaknya, karena akan menyebabkan fatal juga, dan bahkan juga menyingkirkan manfaat yang sesungguhnya untuk pelindung diri. Gunakan juga alat pelindung lain selain helm safety, karena seluruh bagian tubuh anda harus benar-benar dilindungi saat bekerja. Seperti penggunaan baju keselamatan, kacamata keselamatan, sepatu safety, dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget