Selasa, 31 Januari 2017

Tips Bekerja Aman Pekerja Kantor


Image result for Tips Bekerja Aman Pekerja Kantor
Selama ini kita mungkin mengasumsikan cedera fisik hanya dirasakan oleh mereka yang bekerja diluar ruangan dengan perlengkapan berat. Tetapi sesungguhnya cedera fisik bukan hanya dirasakan oleh para pekerja kasar, karena beberapa pekerja kantoran yang setiap hari hanya duduk di belakang meja bisa juga merasakannya.

Sepintas, pekerja kantoran mungkin terlihat aman dari peluang alami cedera fisik. Mereka hanya sekedar duduk sepanjang hari, mengatasi beragam pekerjaan di mejanya. Tetapi oleh sebab hanya duduk di belakang meja tersebut yang mengakibatkan datangnya cedera.

Cedera fisik beberapa pekerja kantoran biasanya terjadi pada pergelangan tangan, lengan, bahu, punggung, dan leher. Tetapi, bagian badan yang mudah alami cedera yaitu punggung, leher, dan pergelangan tangan. Bagian-bagian itu biasanya terasa kaku dan mati rasa. Siksaan pekerja kantoran itu jadi tambah ketika computer jadi alat bantu utama.

Di Amerika Serikat, cedera dibagian punggung, leher dan pergelangan tangan, terkena oleh sekitar 68 % pekerja, di banding penyakit-penyakit lain yang muncul karena terlalu banyak bekerja di kantor. Jumlah itu jadi tambah jadi 14 kali lipat dalam dua puluh tahun—khususnya mulai sejak timbulnya computer.

Langkah utama yang dianjurkan untuk menangani cedera ala orang kantoran itu yaitu dengan melakukan peregangan di sekitar leher, bahu, dan punggung. Berikut ini yaitu tips untuk hindari cedera selama bekerja di kantor—di belakang meja atau di depan computer.
  • Pastikan sandaran kursi dapat menyokong punggung, agar tetaplah tegak dan menyokong tangan dengan baik.
  • Jika memakai computer, jarak pada mata dengan layar monitor sekurang-kurangnya berjarak sama juga dengan panjang lengan, dan pandangan mata sejajar dengan layar computer.
  • Keyboard computer dan mouse baiknya sejajar tingginya dengan penopang lengan kursi.
  • Untuk hindari punggung terkilir ketika berdiri, upayakan agar kepala tidak tengah menghadap ke arah tidak sama dengan pinggul ketika bangkit dari kursi.
  • Beristirahatlah sesaat. Bila harus mengecek laporan, berdirilah sesaat untuk membaca sebelumnya duduk kembali. Berdiri sesaat dapat jadi selingan duduk selama seharian, sekaligus menolong memperlancar peredaran darah dan kurangi desakan pada punggung bagian bawah. 
  • Pilihlah lampu atau penerang yg tidak memantulkan cahaya, tetapi juga janganlah yang suram. Lampu yaitu salah satu aspek penyebabnya leher nyeri. Jika lampu suram, orang akan condong menundukkan kepala sampai terlalu dekat jaraknya dengan meja.
  • Pakai penopang kaki untuk kurangi kemelut punggung. Kaki baiknya tidak menggantung. Bila kursi terlalu tinggi, cari suatu hal untuk dapat menyokong kaki. 
  • Selain pekerja proyek, sepatu safety juga penting digunakan oleh pekerja kantor untuk mencegah terpleset, tergelincir atau tertimpa benda berat yang tidak terduga kehadirannya.
Kerjapkan mata dengan teratur. Wajarnya, orang mengerjapkan mata optimal 18 kali per menit. Sesaat pemakai computer mengerjapkan mata 2 x setiap menit. Agar dapat mengerjapkan mata seringkali, alihkan pandangan dari layar monitor, karena mengerjap menolong melindungi mata tetaplah lembap.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget